Bullying di tempat kerja bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik, mental, bahkan performa kerja. Maka dari itu, Anda perlu mengenali tanda-tandanya dan cara untuk menghadapinya.

 

Apa Itu Bullying di Tempat Kerja?

Penindasan di tempat kerja dapat terjadi dalam berbagai bentuk; pelecehan, diskriminasi, meremehkan, dan kritik terus-menerus hanyalah beberapa tindakan umum yang dapat menyebabkan karyawan merasa dibullying dan kesepian di tempat kerja.

Namun, ada tindakan yang lebih halus yang juga dapat membahayakan kesehatan mental karyawan.  Contohnya adalah tidak mengikuti rapat kerja dan kegiatan sosial, menerima pemantauan kinerja yang lebih banyak atau berlebihan dibandingkan rekan kerja Anda, dan menjadi sasaran lelucon atau ejekan terus-menerus.

Dalam situasi di mana pemantauan dan kritik bersifat membangun, membantu, dan disampaikan secara profesional, tindakan ini tidak akan dianggap sebagai bullying.  Namun, perilaku yang ditargetkan, mengbullying, atau konsisten akan menjadi dan merupakan penyebab kekhawatiran yang nyata.

Ketika jenis tindakan ini membentuk pola, dan diarahkan pada orang atau orang yang sama, maka perlu ditangani dan jika perlu, tindakan benar yang diambil.

 

Siapa yang Mengalami Bullying di Tempat Kerja?

Setiap individu di lingkungan kerja dapat mengalami bullying di tempat kerja, tidak hanya staf junior atau baru, tetapi mereka yang bekerja di peran senior juga.

Jenis umum bullying di tempat kerja dari karyawan atau manajemen yang lebih senior termasuk mencegah kemajuan pribadi dengan memberikan umpan balik negatif, mengabaikan anggota tim junior dengan tidak mendedikasikan waktu atau mendukung mereka, dan menyalahgunakan posisi kekuasaan mereka dengan mengancam keamanan kerja.

Penindasan di tempat kerja juga dapat terjadi antara rekan kerja dan dari anggota staf junior hingga manajer mereka.  Menyebarkan gosip, kritik yang tidak beralasan, serta sabotase adalah contoh bullying di tempat kerja yang dapat terjadi antara karyawan yang bekerja pada level yang sama atau setara.

Sedangkan manajer dapat merasa diganggu oleh anggota junior tim mereka yang bertindak tidak sopan terhadap mereka, menolak untuk menyelesaikan tugas, atau membuat pernyataan di depan anggota tim lain atau manajemen senior dalam upaya untuk membuat mereka terlihat buruk.

 

Langkah-langkah untuk Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

Jika Anda merasa di-bully di tempat kerja, wajar jika Anda merasa tidak berdaya dan lepas kendali.  Saran umum untuk orang yang mengalami perilaku bullying adalah mengabaikannya, menjauh dan menjadi orang yang lebih besar.

Namun, mengalami bullying dalam bentuk apa pun bisa menjadi traumatis dan penting untuk menjaga kesehatan mental Anda sendiri sebelum mencoba mencari solusi atau menghadapi si penindas.

Jika mengabaikan tindakan mereka dan melepaskan diri dari situasi tertentu tidak mungkin atau belum menunjukkan efek, maka berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu menjaga kesehatan mental Anda sendiri dan pada akhirnya, meredakan situasi.

Pertama dan terpenting, ingatkan diri Anda bahwa itu bukan kesalahan Anda dan tindakan orang lain tidak merusak kredibilitas Anda sebagai karyawan atau sebagai pribadi.

Jika Anda mulai melihat perilaku tidak adil dari seseorang di tempat kerja, dokumentasikan detail insiden apa pun termasuk tanggal dan waktu, lokasi, dan orang lain yang hadir.  Informasi seperti ini akan membantu lebih lanjut jika Anda memilih untuk mengajukan keluhan resmi.

Jika Anda bisa, simpan bukti fisik komunikasi antara Anda dan si penindas, seperti pertukaran email, umpan balik tertulis, atau catatan yang Anda terima dan simpan di tempat yang aman.

Jika memungkinkan, lakukan riset tentang kebijakan perusahaan Anda dan cari tahu dengan siapa Anda harus berbicara dan bagaimana cara menyampaikan keluhan yang lebih formal.  Kontrak atau buku pegangan karyawan Anda adalah tempat yang baik untuk memulai.

Jika Anda sudah mengetahui prosedurnya dan siapa yang bertanggung jawab, mintalah saran mereka.  Bisa jadi manajer divisi Anda atau anggota departemen SDM.

Dalam situasi di mana Anda merasa tidak nyaman mendekati HR, hubungi siapa pun di lingkungan kerja Anda yang Anda percayai.  Mereka mungkin dapat mengarahkan Anda ke arah yang benar dan jika tidak, akan sangat membantu jika memiliki orang kepercayaan yang dapat mendukung Anda dengan cara apa pun selama ini.

Mengalami bullying dari manajer atau kolega juga dapat menyebabkan individu merasa cemas atau stres.  Jika Anda merasa cemas tentang situasi di tempat kerja, baca panduan kami untuk mengatasi kecemasan di tempat kerja atau lihat beberapa teknik relaksasi untuk menghilangkan stres.

 

4 Langkah untuk Membantu Seseorang yang Mengalami Bullying di Tempat Kerja

Jika Anda telah menyaksikan bullying di tempat kerja, atau telah dipercaya oleh rekan kerja atau teman, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu tanpa terlalu terlibat dan terjebak dalam situasi tersebut.

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi rekan kerja Anda jika menurut Anda mereka diperlakukan tidak adil.  Pastikan mereka baik-baik saja dan memiliki seseorang untuk mendukung mereka jika mereka mengalami masa traumatis di tempat kerja.

Ingatkan kolega Anda bahwa Anda ada di sana untuk mendengarkan dan membantu dengan cara apa pun yang Anda bisa.  Ditindas dapat membuat mereka merasa terisolasi dan kesepian, dan mungkin saja mereka hanya merasa nyaman untuk menceritakan kepada Anda, jadi penting bagi mereka untuk merasa didukung dan didengarkan.

Jika Anda telah diberi tahu, kami sarankan untuk merahasiakan informasi atau detail apa pun sehubungan dengan kolega Anda, dan agar tidak membahayakan proses pengaduan atau investigasi apa pun.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu membantu rekan kerja Anda melaporkan insiden apa pun, atau memang melaporkannya atas nama mereka.  Dekati situasi ini dengan hati-hati dan hanya bertindak jika Anda diminta.

Berurusan dengan situasi traumatis di tempat kerja, termasuk mengalami atau menyaksikan bullying di tempat kerja, dapat menyebabkan karyawan merasa stres dan tidak bahagia.

Jika Anda atau kolega mengalami perlakuan tidak nyaman dan tidak adil di tempat kerja, hal utama yang perlu diingat adalah Anda tidak bersalah, dan ada profesional dan organisasi yang dapat membantu.  Bullying adalah cara pengecut untuk bertindak, dan perilaku bullying bisa mengatakan lebih banyak tentang masalah pribadi mereka daripada apa pun yang berkaitan dengan Anda.

Selalu ingat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan mental Anda terlebih dahulu, sebelum memikirkan langkah selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *