BeKind Menggandeng KLA Project, Element dan Seniman Pixel Art Pinot Luncurkan Karya Digital Berbentuk NFT Untuk Penggalangan Dana Sosial

Jakarta, 30 Maret 2022 – BeKind, sebuah perusahaan aggregator sosial berbasis platform dan teknologi blockchain pertama di Indonesia, hari ini meluncurkan Non Fungible Token atau NFT untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem sosial yang memungkinkan penggalangan dana secara kreatif, transparan, dan akuntabel pertama di Indonesia. NFT BeKind ini diluncurkan melalui platform marketplace OpenSea yang sudah bisa diakses mulai 25 Maret lalu.

Membawa inovasi penggalangan dana menggunakan teknologi blockchain, BeKind memungkinkan penggalang dana dan donatur untuk membantu masyarakat yang menghadapi kesulitan ekonomi di tengah pandemi maupun akibat bencana alam, dengan penyaluran yang bisa lebih terlacak, hemat biaya, dan aman melalui ekosistem yang inovatif. Penggalangan dana bisa dilakukan melalui pembelian karya digital NFT menggunakan pertukaran token berbasis teknologi blockchain, yang memungkinkan penyimpanan data lebih akurat dan penyaluran dana yang lebih transparan.

“Kami menyadari bahwa proses penggalangan dana seringkali menghadapi berbagai tantangan seperti biaya transaksi yang tinggi, kurangnya transparansi, dan kemungkinan manipulasi pelaporan penyaluran dana. Dengan menggunakan blockchain untuk penggalangan dana sosial, kami berharap para donatur maupun filantrop di Indonesia mendapatkan sebuah solusi penggalangan dana inovatif yang lebih transparan dan akuntabel. Pelacakannya juga akan lebih akurat dan transparan,” kata Fajar Jasmin, CEO dan Founder BeKind.

Karya digital NFT yang tersedia di marketplace merupakan hasil kolaborasi sejumlah pelaku seni yang difasilitasi BeKind. Sejumlah karya yang telah diluncurkan sejauh ini adalah kerja sama antara kelompok musik legendaris, KLa Project, dengan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi – mereka meluncurkan karya digital klip video musik yang menampilkan potongan lagu “Yogyakarta” dengan animasi spesial menggunakan teknologi retro. Ini merupakan inovasi yang ditawarkan BeKind, karena untuk pertama kalinya, penggalangan dana sosial difasilitasi melalui penyelenggaraan kolaborasi antar-kreator NFT sebagai karya digital.

“Kami melihat peluang besar bagi para pelaku seni untuk bertahan dan terus menghasilkan karya terbaiknya sekaligus berkontribusi dalam membantu sesama melalui platform BeKind. Karya musik digital hasil kolaborasi kami dengan Pinot merupakan langkah awal bagi kami dan juga pelaku seni lainnya untuk memanfaatkan platform ini lebih jauh. Ke depannya, kami harap pelaku seni lain bisa turut meramaikan platform penggalangan dana sosial inovatif ini, BeKind, dengan hasil karya mereka,” kata Katon Bagaskara, vokalis KLa Project.

Selain itu, karya digital NFT musik lainnya yang sudah tersedia di marketplace BeKind adalah hasil kolaborasi kelompok musik Elemen dan seniman pixel art, Pinot W. Ichwandardi, dengan lagu “Kekuatan Cinta”.

“Peluncuran single terbaru kami dalam bentuk NFT ini merupakan kado yang kami berikan kepada para PARLEMENT (fanbase Band Element) untuk perayaan ulang tahun kami yang ke-23 pada pertengahan Maret lalu. Kami senang bisa berkolaborasi dengan Pinot untuk peluncuran single terbaru kami, sekaligus menyambut baik kesempatan untuk bisa membantu sesama. Mudah-mudahan, pembelian NFT single terbaru kami ini bisa menginspirasi pelaku seni lainnya untuk bukan hanya menampilkan karya terbaiknya, tetapi juga menggalang dana sosial melalui BeKind,” kata Didi Riyadi, drummer Band Element.

Bagi Pinot, kolaborasi yang dilakukannya dengan dua band legendaris Indonesia ini merupakan inovasi yang bermanfaat bukan hanya untuk sesama, namun juga bagi pelaku seni agar bisa bertahan di tengah pandemi.

“Saya sudah beberapa kali berkolaborasi dengan musisi, namun ini adalah kali pertama saya berkolaborasi dengan musisi dalam negeri. Saya sangat bangga dengan hasil kolaborasi saya dengan KLa Project dan Band Element, karena karya digital kami ini membuka jalan untuk penggalangan dana yang bisa membantu sesama melalui NFT marketplace dari BeKind. Saya rasa ini merupakan inovasi terbaru yang bisa mendorong bukan hanya peningkatan kesejahteraan pelaku seni di tengah pandemi seperti saat ini, tetapi juga membantu mereka yang membutuhkan,” kata Pinot.

Untuk rencana di kemudian hari, BeKind akan melanjutkan penyelenggaraan kolaborasi kreatif dengan berbagai pelaku seni di Indonesia dalam menggalang dana sosial yang bisa membantu sesama. Karya-karya digital BeKind yang sudah diterbitkan saat ini bisa diakses melalui link berikut:https://bekindhub.org/bekind-nftbaik/.

BeKind juga saat ini tengah mengembangkan ekosistem sosial BeKind Hub agar penggalangan dana bisa lebih melibatkan berbagai pemangku kepentingan, baik dari penggalang dana, donatur, hingga filantrop. Jika Anda ingin berpartisipasi dalam Pre-sale token BeKind, Anda bisa menghubungi akun telegram Customer Service BeKind yang tercantum pada website https://bekindtoken.io/.

Tentang Bekind:

BeKind adalah perusahaan agregator sosial berbasis platform dan teknologi blockchain yang pertama di Indonesia. Melalui rangkaian produk dan solusi yang ditawarkan, BeKind membangun ekosistem sosial dan donasi yang transparan, bebas dari manipulasi, serta memiliki standar operasional yang lebih terbuka. Didirikan pada 2021, BeKind beroperasi di bawah payung hukum legal PT BeKind Teknologi Asia, dengan produk BeKind HUB sebagai platform sosial yang terdaftar di bawah payung Yayasan BeKind Teknologi Indonesia. Per Maret 2022, BeKind sudah bekerja sama dengan berbagai pihak sebagai pemangku kepentingan dalam ekosistem sosial dan donasi untuk menyebarkan kebaikan ke sebanyak mungkin orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *